Mal Pelayanan Publik di Jakarta akan Segera Hadir

Pemerintah di berbagai daerah terus menggenjot infrastruktur terutama dari segi pelayanan untuk publik. Beberapa hari lalu, giliran pemerintah daerah Banyuwangi yang siap untuk meresmikan Mal Pelayanan Publik yang akan menjadi tempat Pelayanan Terpadu Satu Pintu di sana. Kali ini, giliran Jakarta yang siap meresmikan Mal Pelayanan Publik. Di Mal Pelayanan Publik sendiri, akan ada berbagai instansi hadir untuk melayani masyarakat. Dengan adanya Mal Pelayanan Publik, diharapkan masyarakat dapat lebih menghemat waktu dan biaya ketika mengurus segala macam perizinan atau berkas yang berhubungan dengan pemerintah.

Di Mal Pelayanan Publik Jakarta, saat ini sudah memiliki 328 jenis layanan dan perizinan. Diah Natalisa selaku deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB menyebutkan dalam pengoperasiannya, Mal Pelayanan Publik digagas oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan sudah memiliki 300an jenis pelayanan dari berbagai aspek.

“Saat ini sudah ada 328 jenis layanan di Mal Pelayanan Publik ini. 296 diantaranya berasal dari Pemda DKI, sedangkan 32 lainnya dari tujuh kementrian maupun lembaga,” Kata Diah di Mal Pelayanan Publik pada Kompas.com kemarin.

Pemda DKI Jakarta menempatkan Dinas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan Penanaman Modal di gedung itu. Ada juga layanan dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah, Disduk dan Pencatatan Sipil, serta Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan.

Sedangkan untuk kementrian, lembaga dan perusahaan yang membuka layanan serupa adalah Kemenhum dan HAM, Kementrian Agraria, Kemenkeu, BKPM, Kepolisian, PLN, serta BPJS. Untuk lembaga non-Pemda DKI tersebut ditempatkan di lantai 3, sementara untuk pelayanan Pemda DKI ditempatkan di lantai satu dan dua.

Diah juga berharap kepada Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat agar layanan ini ditambah agar semakin banyak pelayanan yang bisa masuk ke sini. Tidak hanya daerah DKI, melainkan Kabupaten, BUMN, BUMD, maupun pelayanan perusahaan swasta juga bisa masuk ke Mal Pelayanan Publik.

Menanggapi hal itu, Djarot juga berharap hal yang sama, sehingga lantai yang digunakan dapat bertambah dan tempat ini menjadi benar-benar Mal untuk masyarakat berbelanja pelayanan publik.

Mal Pelayanan Publik sendiri merupakan gagasan dari presiden Joko Widodo ketika masih menjadi Gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Presiden Jokowi sendiri juga yang akan meresmikan Mal Pelayanan Publik ini segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *